Home > Urban Farming

RootStock Anggur Mana yang Cocok untuk iklim Indonesia ? Inilah Ulasannya

RootStock merupakan batang bawah khusus untuk tanaman anggur
Rootstock jenis dogridge / FIFARM
Rootstock jenis dogridge / FIFARM

FIFARM--Bagi kalian para penggemar tanaman anggur, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah RootStock bukan? Yap, RootStock ini adalah kunci rahasia untuk mendapatkan pohon anggur yang subur dan berbuah lebat!

Seperti namanya, RootStock merupakan batang bawah khusus untuk tanaman anggur. Fungsinya sangat penting agar akar anggur tumbuh kuat, cepat beradaptasi dengan tanah baru, dan tahan terhadap hama nematoda serta phylloxera yang merupakan momok bagi petani anggur.

Untuk mendapatkan buah anggur manis nan segar, biasanya RootStock disambung dengan batang atas dari jenis anggur impor yang dikenal sebagai "table grape". Proses penyambungannya disebut grafting atau okulasi. Memang sedikit merepotkan, tapi hasilnya sangat menggembirakan!

Namun, ada juga anggur berlabel "Own Root" yang tak menggunakan RootStock dan tumbuh dengan batang aslinya sendiri, seperti anggur jenis Ninel. Tetapi untuk hasil panen yang maksimal, penggunaan RootStock sangat dianjurkan.

Nah, RootStock itu terbagi menjadi dua jenis, yaitu RootStock Lokal dan RootStock Impor. Untuk lokal, kita punya Isabella, Red Master, Alfonso, dan Criolla Negra (CN) yang sudah mampu beradaptasi dengan iklim tropis Indonesia. Sayangnya, buahnya cenderung asam dan kecil, tidak seperti anggur manis untuk konsumsi.

Beberapa RootStock lokal bahkan sudah dinyatakan sebagai varietas unggul oleh Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro), seperti Kediri Kuning, Bali (Alfonso), Probolinggo Biru, hingga Prabu Bestari. Khusus untuk Alfonso, buahnya juga bisa dikonsumsi dan sudah dibudidayakan secara komersial di Bali. Mantap bukan?

Lalu untuk RootStock Impor, ada jenis Freedom, Paulsen 1103, Richter 110, Kober 5BB, Ramsey, dan Dogridge yang dikenal dengan perakaran kuatnya. Setiap jenis cocok untuk kondisi tanah tertentu seperti Dogridge untuk tanah kering, CN untuk tanah padat berliat, dan Kober 5BB untuk tanah basah atau berkapur.

Jadi, mana yang terbaik? Semuanya kembali ke preferensi dan kondisi lahan kalian. Cobalah beberapa RootStock, baik lokal maupun impor, untuk pohon anggur di pot atau di tanah langsung. Amati yang paling cepat tumbuh dan kebal dari penyakit. Selamat mencoba dan semoga panen kalian melimpah!

× Image