Home > Permakultur

8 Langkah Menerapkan Zero Waste dan Hemat Energi di Rumah

Perlu kreativitas,kepedulian dan kerjasama antar penghuni rumah
Penggunaan sampah daur ulang / kopilot ai
Penggunaan sampah daur ulang / kopilot ai

FIFARM--Menjaga kelestarian lingkungan hidup menjadi tanggung jawab kita bersama. Salah satu langkah nyata yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan gaya hidup zero waste dan hemat energi di rumah. Gaya hidup zero waste berfokus pada pengurangan pemakaian yang lebih sadar akan kebutuhan sehari-hari.Kamu hanya perlu kreativitas dalam mendaur ulang barang-barang agar tidak menjadi sampah dan bisa digunakan kembali.

Zero waste juga berkontribusi pada penghematan energi. Misalnya, dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai bisa mengurangi dampak produksi dan pembuangan plastik yang memerlukan energi.

Bagaimana langkah-langkah yang bisa kamu lakukan di rumah untuk menerapkan zero waste ?

1. Tolak, Kurangi, Gunakan Kembali

Tolak penggunaan plastik sekali pakai seperti sedotan, kantong plastik, dan wadah styrofoam.Kurangi pembelian barang yang tidak dibutuhkan dan kemasan berlebihan.Gunakan kembali barang-barang yang masih bisa dipakai dengan cara kreatif.

2. Pilah Sampah

Pisahkan sampah organik dan non-organik. Lakukan kompos untuk sampah organik.Daur ulang sampah non-organik yang bisa didaur ulang.

3. Gunakan Produk Ramah Lingkungan

Pilihlah produk dengan kemasan minimal dan mudah didaur ulang.Gunakan produk pembersih rumah tangga alami.Gunakan tas belanja kain yang dapat dipakai berulang kali.

4. Matikan Lampu dan Alat Elektronik Saat Tidak Digunakan

Matikan lampu saat keluar ruangan atau ruangan tidak digunakan.Cabut charger handphone, laptop, dan alat elektronik lainnya setelah digunakan.

5. Gunakan Peralatan Hemat Energi

Gantilah lampu bohlam dengan lampu LED yang lebih hemat energi.Gunakan peralatan elektronik dengan label hemat energi.

6. Manfaatkan Cahaya Alami

Bukalah tirai dan gorden di siang hari untuk memanfaatkan cahaya alami.Posisikan meja belajar dan ruang kerja di dekat jendela.

7. Hemat Air

Matikan air saat menyikat gigi, mencukur, atau berkeramas.Gunakan shower dengan waktu yang singkat.Periksa kebocoran air secara berkala.

8. Manfaatkan Energi Terbarukan

Pasang panel surya untuk menghasilkan energi listrik sendiri.Gunakan kompor gas yang lebih hemat energi dibandingkan kompor listrik.

Selain 8 langkah di atas, ada beberapa tips tambahan yang perlu kamu lakukan agar menjadi gerakan dan kepedulian bersama, antara lain :

-Melibatkan seluruh anggota keluarga dalam menerapkan gaya hidup zero waste dan hemat energi.

-Melakukan edukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup kepada anak-anak.

-Bergabung dengan komunitas zero waste dan hemat energi untuk mendapatkan inspirasi dan dukungan.

Menerapkan gaya hidup zero waste dan hemat energi di rumah mungkin membutuhkan waktu dan usaha. Namun, dengan langkah-langkah kecil dan konsisten, kita dapat berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dan menghemat pengeluaran rumah tangga.Ingatlah, sekecil apapun usaha kita, akan berdampak besar bagi masa depan bumi.

× Image