Home > News

Khasiat Jahe Merah, Rasa Pedas dan Aroma Kuatnya Mampu Bentengi Tubuh dari Macam Penyakit

Jahe merah kaya antioksidan dan zat antiinflamasi berkhasiat meningkatkan imunitas, melancarkan pencernaan, meredakan peradangan, menjaga kesehatan jantung dan mengontrol gula darah
Jahe merah rempah tradisional kaya antioksidan dan zat antiinflamasi Sumber:pixabay
Jahe merah rempah tradisional kaya antioksidan dan zat antiinflamasi Sumber:pixabay

FIFARM--Jahe merah yang memiliki bahasa latin Zingiber officinale var. rubrum merupakan salah satu jenis jahe yang banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Berbeda dengan jahe putih yang lebih umum digunakan, jahe merah memiliki rasa yang lebih pedas dan aroma yang lebih kuat. Jahe merah memiliki kandungan gingerol, shogaol, dan zingeron yang lebih tinggi, sehingga memberikan efek yang lebih kuat untuk kesehatan.

Apa saja manfaat yang terkandung dalam jahe merah? Menurut berbagai penelitian jahe merah terbukti memberikan banyak manfaat yang sudah turun temurun digunakan oleh leluhur kita dalam menjaga kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jahe merah kaya akan antioksidan seperti gingerol yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan meningkatkan kekebatan tubuh. Kandungan antioksidan tinggi pada jahe merah bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit kronis.

2. Membantu Proses Pencernaan

Jahe merah mengandung senyawa zingiberene yang dapat melancarkan proses pencernaan dengan meredakan masalah perut seperti perut kembung, konstipasi, dan mual. Konsumsi jahe merah juga dapat membantu meredakan gangguan pencernaan lainnya.

3. Meredakan Peradangan dan Nyeri

Selain gingerol, jahe merah juga mengandung zat antiinflamasi seperti shogaol dan paradol yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. Konsumsi jahe merah secara rutin dapat membantu meredakan nyeri otot dan sendi akibat peradangan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan dan zat antiinflamasi pada jahe merah dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Jahe merah juga dapat melancarkan peredaran darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Penelitian menunjukkan bahwa jahe merah dapat membantu mengontrol kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Manfaat ini menjadikan jahe merah sebagai rempah yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.

6.Menjaga Kesehatan Kulit

Antioksidan dalam jahe merah membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit, sehingga kulit tetap sehat dan awet muda

Untuk mendapatkan khasiat jahe merah, kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk minuman teh jahe merah, menambahkannya sebagai bumbu pada masakan, wedang atau smoothie atau mengonsumsi suplemen jahe merah yang telah diekstrak.

Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk meracik jahe merah agar bisa dikonsumsi sebagai minuman kesehatan.

Teh Jahe Merah

Bahan: 2-3 ruas jahe merah, 2 gelas air, madu atau gula (opsional), lemon (opsional).

Cara Membuat:

Cuci jahe merah hingga bersih, lalu memarkan.

Rebus air hingga mendidih.

Masukkan jahe merah yang sudah dimemarkan ke dalam air mendidih.

Biarkan mendidih selama 10-15 menit.

Saring air rebusan jahe merah ke dalam cangkir.

Tambahkan madu atau gula sesuai selera, dan sedikit perasan lemon jika diinginkan.

Wedang Jahe Merah

Bahan: 3 ruas jahe merah, 3 batang serai, 2 lembar daun pandan, 1 blok gula aren, 3 gelas air.

Cara Membuat:

Cuci bersih jahe merah, memarkan bersama serai.

Rebus air bersama jahe, serai, dan daun pandan hingga mendidih.

Tambahkan gula aren, aduk hingga larut.

Biarkan mendidih selama 15-20 menit.

Saring dan sajikan hangat.

Smoothie Jahe Merah

Bahan: 1 ruas jahe merah, 1 buah pisang, 1 cangkir yogurt, 1 sendok makan madu, es batu.

Cara Membuat:

Kupas dan potong jahe merah menjadi bagian kecil.

Masukkan semua bahan ke dalam blender.

Blender hingga halus.

Tuang ke dalam gelas dan nikmati segera.

Meskipun banyak manfaatnya, tetap perhatikan dosis dan kontraindikasi bila ingin mengonsumsi suplemen jahe merah. Ingat, intinya jangan berlebihan. Selamat mencoba khasiat jahe merah untuk menjaga kesehatan tubuhmu!

× Image